Langsung ke konten utama

Merawat Ide Sejak Dalam Pikiran

Ketika mulai menulis ini, saya membayangkan suasana di dalam biskota Jakarta sebelum ada busway yang nyaman. Saya mengalami sebagai pengguna biskota waktu itu; gerah, penuh aneka aroma parfum dan bau badan. Semua bercampur aduk.

Penumpang bis adalah ide yang setiba di terminal (seperti Pulo Gadung) yang apatis dan berhamburan mencari udara segar. Penumpang meloncat berdesakan tak mau berlama di dalam bis. Sumpek!

Ide yang dibiarkan menumpuk berkerumun akan menjadi lumut, kering dan mati. Dia harus dikeluarkan agar mendapat oksigen dan tidak menjadi angan-angan kosong.

Seringkali gagasan muncul pada waktu dan tempat tidak tepat. Seperti halnya penumpang biskota tadi.

Jika datang ide biasanya saya salurkan ke dalam tulisan, senandung lagu-lagu dengan gitar. Prinsipnya ide harus diberi tempat.

Tapi tak selalu keberuntungan berpihak, seperti juga tidak selalu kemalangan setia datang menemani.

Tak jarang saya lihat kematian atas ide-ide saya sendiri. Kematian itu karena mereka melompat bebas tanpa pijakan.

Persisnya ide datang ketika di tempat yang sulit tersedia alat tulis kertas atau telpon sedang lowbatt.

Apakah ide harus mati, sementara harga sebuah ide sangat 'mahal' jika dikaitkan dengan dunia kreatif dan industri? Tidak percaya?

Beberapa kasus terkait ide ini, saya dengar langsung dari beberapa teman, dan saya sendiri merasakannya.

Yang paling sering terjadi adalah pencurian ide pembuatan program untuk televisi, radio, media, konsep iklan, sinetron, hingga film, lagu dan musik.

"Gue sudah pitching sama tim kreatifnya, tapi konsep yang gue ajukan ditolak dengan alasan gak cocok. Tapi dalam hitungan bulan, konsep yang gue bikin itu tayang dengan judul lain," kata teman wartawan.

Sudah bukan rahasia jika hampir semua stasiun televisi sangat 'rakus' mencari ide-ide segar. Mengandalkan ide tim internal semata tidak akan bisa bersaing dengan tivi lain.

Maka pilihannya adalah menggandeng pihak luar. Cukup masuk akal karena tim kreatif internal lelah digempur tuntutan rating, dan bersaing. Karena capek, kreatifitas akan menjadi kendur. Jalan kreatif lainnya adalah mencuri ide yang datang, atau memodifikasi program lain yang sudah ada dan ratingnya lagi tinggi di stasiun tivi sebelah.

Nah, teman saya tadi termasuk 'ide yang datang',  kemudian ditolak untuk dieksekusi dan diklaim milik stasiun televisi. Kalau sudah begitu, sulit bagi penggagas atau pemilik ide untuk menggugat. Itulah contoh betapa mahalnya sebuah ide.

Saya sangat menghargai setiap ide, yang datang dari diri sendiri terutama dari orang lain. Jika ada orang meremehkan atau mengabaikan ide kita, itu bukan karena dia lebih baik. Bisa jadi karena tidak memiliki ide sebaik kita. Maka, tetap fokus dan berani mewujudkan ide kita sendiri itu lebih baik.

Dengan segala keterbatasan, saya tidak punya opsi memperkecil risiko matinya ide, selain menyimpannya dalam memori.

Dengan harapan di saat menemukan alat tulis nanti, ide di dalam memori bisa dihidupkan lagi. Itu dengan catatan, ruang penyimpan data di memori cukup kuat untuk mem-backup ide-ide yang berlarian tadi.

Sebelum melantur, izinkan saya bertanya mengapa saya harus menulis? Bahwa menulis adalah ciri mahluk beradab, itu tidak selalu benar. Sebab, sejak jaman batu manusia sudah berupaya menulis di goa-goa dan batu. Seperti apa mahluk beradab itu? Ya, yang bisa menulis.

Sebaiknya menulis menjadi budaya (disiplin) selain membaca. Semoga kita menjadi beradab setelahnya. Atau paling tidak ikut berkontribusi mengisi peradaban.

Menulis memerlukan enerji, bukan sekadar tumpahan isi kepala dan perasaan. Menulis seperti proses menularkan referensi, pengalaman atau seberapa dalamnya perenungan si penulis.

Menulislah jika bosan dan malas bicara, ketika marah, merasa lapar dan dahaga. Menulis juga untuk menunjukkan bahagia, cinta dan nestapa.

Jangan takut tulisan jelek dan menjadi cemoohan. Karena menulis bukan untuk orang lain. Menulis sejatinya untuk diri sendiri.

Mulai saja menuliskan apapun, lupakan bahwa orang akan menilainya buruk. Kalau pendapat saya salah, abaikan. Sebab, saya pun masih belajar menulis. **

Sabtu, 3 Februari 2018




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Night Bus: Malam jahanam sepanjang jalan

Perjalanan menuju kota Sampar malam itu berubah mencekam. Bus yang dikemudikan Amang dipaksa berhenti di setiap pos pemeriksaan di jalur konflik bersenjata. Beberapa penumpang tewas termasuk sang sopir, saat bus dikepung separatis Samerka (Sampar Merdeka). Bagudung, sang kernet berhasil membawa lari bus dari kepungan saparatis yang keji diketuai Jenderal Basir. Tak satupun penumpang mengira akan menghadapi kekacauan tersebut. Bus malam berisi setengah dari kapasitas kursi. Ada Yuda seorang wartawan (diperankan Edward Akbar), Umar orang kaya di kampung (Torro Margens), pengamen tunanetra (PM Toh), anggota LSM, seorang penyusup misterius, nenek Nur dan Leyla cucunya, gadis Annisa dan pemuda pacarnya, serta seorang perempuan yang kemudian diketahui sebagai korban konflik; ayahnya dibunuh dan dia sendiri diperkosa secara massal.     Film Night Bus dikupas bergaya thrailler yang menegangkan oleh sutradara Emil Heradi. Suguhan cerita, terutama faktor sulitnya syuting di ruanga

Mendadak ditelepon sutradara film

Sore menjelang maghrib, Selasa (21/3/2017) sebuah pesan Whatsapp bertengger di  handphone  android saya. Terbaca tiga baris pesan: Pak? / Ini Hanung/ Aku bisa telf?/ Saya ragu, apa benar si pengirim pesan sutradara film terkenal itu, atau orang iseng yang mau praktik cyber crime ? Tapi terlihat dari profile foto WA-nya memang dia!. Kemarin, saya menemuinya di Djakarta Theatre di peluncuran trailer dan soundtrack “Kartini”, film yang disutradarainya. Secara khusus, saya berniat mau bertanya soal IBOS. Sejak wawancara pertama tahun 2004 untuk program apresiasi Festival Film Indonesia di TVRI, dan satu frame di acara talkshow Festival Film Jakarta 2006 di JAK-tv, saya tidak intens berkomunikasi meski sesekali bertemu. Nomer kontaknya pun saya tidak punya.  Ada beberapa wartawan di sana. Tapi saya duduk-duduk di tempat agak berjarak dengan kerumunan. Menunggu sampai wartawan selesai bertanya dan saya akan hampiri Hanung. Hampir sejam dia dikepung wartawan, belum

Murka tetua adat Kampung Melo, Manggarai-NTT

Rumah adat Melo milik tetua adat, Yosep Manggarai Barat di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki pesona wisata yang terkenal hingga manca negara yaitu Pulau Komodo (Taman Nasional Komodo) dan Labuan Bajo, surga bagi penikmat wisata alam bawah laut. Selain kedua nama populer tersebut, ada kawasan yang tidak kalah memikat yaitu Kampung Adat Melo berjarak sekitar 40 km dari Labuan Bajo. Letak geografis Kampung Adat Melo berada di pegunungan dengan suhu udara antara 10 sampai 20 derajat. Kondisi ini lebih sejuk daripada suhu di NTT pada umumnya berkisar 33 hingga 34 derajat. Yosep menjaga adat hingga nanti Banyak hal menarik dari Kampung Adat Melo selain bangunan rumah panggung yang dihuni warganya. Di saat tertentu, tujuan wisata yang telah ditetapkan sebagai "Kampung Adat" ini menampilkan atraksi budaya, kerajinan tradisional tenun kain sarung, peci, tas serta makanan khas Manggarai.  Kampung Adat Melo berada persis di Desa Liang Ndara, K