Langsung ke konten utama

Mendadak ditelepon sutradara film

Sore menjelang maghrib, Selasa (21/3/2017) sebuah pesan Whatsapp bertengger di handphone android saya. Terbaca tiga baris pesan: Pak? / Ini Hanung/ Aku bisa telf?/

Saya ragu, apa benar si pengirim pesan sutradara film terkenal itu, atau orang iseng yang mau praktik cyber crime? Tapi terlihat dari profile foto WA-nya memang dia!.

Kemarin, saya menemuinya di Djakarta Theatre di peluncuran trailer dan soundtrack “Kartini”, film yang disutradarainya. Secara khusus, saya berniat mau bertanya soal IBOS.

Sejak wawancara pertama tahun 2004 untuk program apresiasi Festival Film Indonesia di TVRI, dan satu frame di acara talkshow Festival Film Jakarta 2006 di JAK-tv, saya tidak intens berkomunikasi meski sesekali bertemu. Nomer kontaknya pun saya tidak punya. 

Ada beberapa wartawan di sana. Tapi saya duduk-duduk di tempat agak berjarak dengan kerumunan. Menunggu sampai wartawan selesai bertanya dan saya akan hampiri Hanung.

Hampir sejam dia dikepung wartawan, belum ada tanda akan bubar. Sementara saya diteror teman yang mengajak menghadiri gala premiere Perfect Dream bikinan Hestu Saputra di Plaza Senayan sore itu juga. 

Tidak bisa menunggu lagi, saya menyeruak di kerumunan wartawan, dan mengajukan satu pertanyaan soal IBOS. Dia agak ‘surprise’ dengan pertanyaan itu, dan wartawan pun seperti mendapat berita baru. Maka, pertanyaan saya direkam rame-rame.

**
Belum sempat terjawab keraguan saya dengan pesan WA apakah itu dari Hanung yang saya kenal, saya lihat beberapa tanda panggilan telepon masuk yang tak terangkat. Sebelum mengirim WA, rupanya dia menelepon lebih dulu.

Wahh.. ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Pasti sangat penting! Apakah dia mau ngajak saya jadi pemain film? Hahaha..

Hape saya sudah uzur. Lima tahun dipaksa mendengar ratusan jenis suara dan pesan manusia. Sejak sepekan terakhir, dia unjuk rasa tidak mau menerima telepon masuk dan keluar.

“Sorry, hape error. Gimana? Ada Apa? 081281979**” balas saya ke nomor WA bergambar Hanung dan anaknya.

Dia langsung menelpon ke nomor yang saya kirim tadi. Itu adalah nomer teman yang kebetulan duduk berdekatan. Kami sering berada di ruangan di lantai IV Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail itu. Sambil ngopi, nulis, bergosip dan sebagainya. Tempat ini sangat friendly, memberi semangat dan menginspirasi.

Singkat cerita, sang sutradara menyampaikan klarifikasi soal IBOS yang saya tanya kemarin. Media milik pengusaha Harry Tanoe Soedibyo memuat komentarnya mengenai IBOS tersebut.

Integrated Box Office System atau IBOS mau dipakai di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif yang akan menerima hibah sebesar USD 5,5 juta dari Korea Selatan yang mewacanakan itu.
.
Hibah dari negeri ginseng Korea Selatan sekitar Rp73 Milyar itu, bukan hanya untuk perfilman, tapi untuk bidang Ekraf lainnya. Untuk film, hibah akan dipakai membangun sistem pendataan penonton bernama IBOS, yang konon sangat valid dan bisa dilakukan secara realtime.

“Lha, yang menulis berita itu Okezone.com, kenapa klarifikasinya ke saya? 

“Ya, karena kan kamu yang kemarin bertanya soal IBOS. Jadi, aku mengklarifikasi dan menjelaskan bahwa komentarku sebenarnya tidak seperti itu..”

Agak bingung saya mendengat jawaban sekaligus alasannya. Karena, bahkan saya belum menulis hasil wawancara dengannya. Tapi, tidak masalah. Mungkin, dia hanya berharap ketika saya menulis sudah tidak seperti yang ditulis media tersebut. 

Saya langsung simpan nomornya setelah selesai percakapan. Bukan hanya sang sutradara yang menghubungi saya. Ketua Aprofi Fauzan Zidni pun mengirim pesan WA. Sebelumnya, lewat email Aprofi mengirim pernyataan resmi soal IBOS, dan saya menulisnya bersama komentar Hanung. 

“Mas, ada revisi sedikit apa memungkinkan?

“Lho, itu kiriman dari humas Aprofi langsung.”

“Iya. Saya baru sadar tadi, tapi kalau gak direvisi ya gapapa. Kalau memungkinkan bagian ini diganti..Indonesia hanya ada sebagian film asing..”

Saya berusaha membaca gelagat luar biasa yang tergambarkan dari situasi panik sore itu terkait wacana penerapan IBOS ini. Hmm... 

Komentar

  1. Sud

    Sy ingin skli menjadi artis.dri sy masih sekolah smp udh menikah.cita2sy ingin skli menjadi artis

    BalasHapus
  2. Saya pengen jd artis presenter penyanyi hafidzah n mubalighah trknl nie wa q 08994797352
    Prknlkn nunung luthfiana
    Almat jl kauman 1 rt 11 rw 03 mranggen demak
    Status mnkh
    Blum punya ank
    Mnkh udah 5 thun
    Umur 28 thun
    Q tahfidz lg hfl 1/2 juz lbh hfln lncr n mutqin smg bsa mngmlkn isi kndgn al quran
    Q lulusan man 1 smg

    BalasHapus
  3. Saya pengen banget jadi pemain sinetron. Saya memang belum pernah mengikuti lembaga /Oraganisasi ekting model dll. Tapi saya yakin saya bisa ekting dengan sempurna saya ingin mewujudkan mimpi mimpi saya, saya ingin membahagiakan orang tua saya dan juga kakak dan adik saya
    Nama : Dhea
    Umur : 15Tahun
    No whatSapp: 0895-3580-59146

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pengen banget jadi pemain film dari dulu sampe sekarang saya ingin mewujudkan mimpi² saya ingin membahagiakan orang tua saya
      Nama : Nanda
      Umur : 15
      No WhatsApp : 081932877444

      Hapus
    2. Saya juga inget seeekaliii menjadi bintang film saya masih SMP umur saya 14 tahun doakan saya supaya mnjadi artis ya ka atau tidak mari kita berjuang bersama
      Nama:frizka Meily Yansyah
      Umur :14
      No wa: 0856594p8654

      Hapus
    3. Bismillah Assalamualaikum saya masih sekola SMP kelas 3 saya pengen banget menjadi artis, saya memang tidak bisa berakting insyaallah saya bisa saya niat banget menjadi artis karena ingin membahagiakan kedua orang tua saya, saya pengen pergi bareng keluarga ke Mekah hasil duit saya sendiri hayo teman teman kita berdoa semoga mimpi kita bisa jadi kenyataan aminn, yang belum kesampean menjadi artis jangan pantang menyerah berjuang terus demi orang tua kita semua
      Nama : Hervan Yuda Arezky
      Umur : 15 Tahun
      No Wa : 0895364501311

      Hapus
  4. Saya juga pengen banget jadi artis fa
    Dari kecil malah
    Nama:aghista zara syavitri
    Umur:14 tahun
    No whatsapp:08875218186

    BalasHapus
  5. Saya pengen jadi model supaya saya bisa membahagiakan keluarga
    Nama : Dina
    Umur : 15 tahun
    No WhatsApp: 082332767264

    BalasHapus
  6. KAK SAYA MAU BANGET JADI ARTIS UNTUK MEMBERI MAKAN KELUARGA KAMI DAN MENGHIDUPI KELUARGA KAMI
    INI BIODATA SAYA, SAYA MASIH KECIL
    NAMA : CHA CHA MIRANDA
    UMUR : 11 THN
    NO WHATSAPP : 0823 6908 7513

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak sutradara saya ingin sekali menjadi artis ini citacita saya dari kecil ingin membagakan kedua ortu saya plis yh kabarin saya kl ada lowongan jadi artis saya memberikan no telepon saya
      Nama dea janiar s
      Umur 11thn
      No whatsapp 0885892981329

      Hapus
  7. Saya juga pengen banget jdi artis, saya ingin membanggakan orang tua saya.
    Nama:Nela Dwi Tesa
    Umur:14th
    WA:081268802114

    BalasHapus
  8. Saya pengen banget jadi pemain sinetron. Saya memang belum pernah mengikuti lembaga /Oraganisasi ekting model dll. InsyAllah saya bisa ekting dengan sempurna saya ingin mewujudkan mimpi mimpi saya, saya ingin membahagiakan orang tua saya dan juga kakak dan adik saya
    Ini biodata saya
    Nama : Heltina
    Ttl : 08 september 2005
    Alamat : desa balang, kecamatan paringin, kabupaten balangan, provinsi kalimantan selatan
    Status : Mahasiswa di SMA 1 PARINGIN, kelas 11
    Wa : 083159290376

    BalasHapus
  9. Saya juga ingin mencari tau ekting seperti p dn ingin menjadi seperti yg dinidolakan081210385035

    BalasHapus
  10. Saya ingin jadi artis bintang flim Indonesia

    BalasHapus
  11. Saya ingin menjadi artis tolong dong
    Nama sentya wulan ningsih
    No wa::083831286293
    Qlamat saya:klaten

    BalasHapus
  12. Saya juga pengen banget jadi artis fa
    Dari kecil malah
    Nama:Niya Harwati
    Umur:18 tahun
    Alamat : Desa pematang, kec banya lawas, kab tabalong prov kalsel
    No whatsapp:083142485669

    BalasHapus
  13. Saya juga pengen banget jadi artis fa
    Dari kecil malah
    Nama:Niya Harwati
    Umur:18 tahun
    Alamat : Desa pematang, kec banya lawas, kab tabalong prov kalsel
    No whatsapp:083142485669

    BalasHapus
  14. Saya ingin menjadi artis sinetron terkenal di seluruh dunia karena aku ingin membahagiakan kedua orangtua aku dan membahagiakan keluarga hamba karena aku nggak mau merepotkan orang tua hamba
    Ini nomer watssapp aku :085770679688

    BalasHapus
  15. Sya Ingin Menjadi Artis Sinetron Terkenal Seluruh Dunia Karena Saya Ingin membahagiakan Kedua Orang Tua Saya
    Nama: Nancy Banurea
    Alamat: AFD Iv Kebun Sidamanik Kab.SimaLungun
    NomorWhatsapp: 081260752987
    Semoga Saya Di Trim😊

    BalasHapus
  16. Selamat malam saya pengen banget jadi pemain sinetron terkenal memang belum pernah mengikuti lembaga/organisasi ekting atau model tapi saya ingin mewujudkan cita² saya menjadi sinetron terkenal dan saya juga pengen membahagiakan kedua orang tua saya dan saya ingin sekali membantu adk² saya
    Nama: Paulina Kartini Simangunsong
    Alamat : BTN ADIAN Ratu
    Kelurahan:sungai Binjai
    Kecamatan: Bathinlll
    Kabupaten: Muara Bungo
    Provinsi: Jambi
    Nomor wa:088269533496
    Email saya: paulinakartinisimangunsong@gmail.com
    Semoga saya d terima
    Terimakasih

    BalasHapus

  17. Assalamu'alaikum
    Saya pengen banget bisa main
    Sinetron kaya idola saya
    Pliss saya minta tolong banget bantu aku untuk gapai
    Cita cita ku saya dari kecil
    Pengen banget jadi artis
    Tapi gak punya uang buat ikut les akting atau pun itu tapi saya bisa kok akting walaupun gak sehebat artis artis lainnya
    Nama:Meilisa lastia
    Umur:13 tahun
    Wa:088286698813
    Semoga saya di telpon sutradara nya aminn

    BalasHapus
  18. Hai ka saya ingin menjadi artis, karna saya ingin menghidupi keluarga saya, insyaallah saya bsa berakting seperti artis² yg lainx
    Nama: nayla azizah rhamadhini
    Umur:14 thn
    No wathsapp :085845758509
    Semoga sutradara menelpon saya aminn...
    Wa:085845758509

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Kak saya pengen sekali jadi artis karna saya pengen banget bahagiain ortu & keluarga
    Pengen naik kan haji ke dua orang tua saya.
    Saya jg orang nya pekerja keras & pantang menyrah, dan insyaallah bisa untuk ber acting hal ap pun saya akan lakukan demi orang tua.
    TLP wa : 089629019774
    Ya Allah semga berhasil aminn

    BalasHapus
  20. Nama : Muslimah
    Umur : 26 THN
    Dari : kota Palembang

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum saya masih kelas 10 SMK cita"saya sangat ingin menjadi seorang artis terkenal ataupun penyanyi terkenal hingga saya pernah mengikuti ajang kontes di mana"nama saya sindy saya dari Jawa Timur bondowoso mulai dari kecil saya mengimpikan menjadi seorang artis terkenal☺☺☺

    BalasHapus
  22. Cita2 saya dari dulu sampai skrg ingin bngt jadi pemain sinetron pengen masuk tv jadi artis tapi itu hanya hayalan gak mungkin bisa saya jadi artis:(

    BalasHapus
  23. Hai kk saya penggen bangget jadi artis.alasan saya penggen jadi artis adalah karna saya melihat kemampuan saya hanya di bidang ekting dan saya inggin membahagiakan orang tua saya
    Nama: Winda Herawati saragi
    Umur: 17 tahun
    Kelas: 11 Sma
    Asal kota: Medan
    No wasshapp: 088261894157
    SEKIAAN DAN TERIMAKASI🙏🙏

    BalasHapus
  24. Selamat siang.
    Saya Putra NKRI Asal Timor Leste.. saya punya kisah cerita perjalanan hidup sejak saya masih kecil sampai bisa diterima jadi prajurit TNI AL Indonesia.

    BalasHapus
  25. Aasalamualaikum saya ingin menjadi artis tolong yah klo ada lowongan kerja beri tau saya ingin sekali menjadi artis untuk membanggakan kedua ortu saya tolong yah nih hub wa 085712559374

    BalasHapus
  26. Assalamualikum
    Tolong ikut bergabung kerja samanya sbgi calon artis baru karena saya minat sekali sesuai cita 2 saya
    Kenalin nama mu'min kelas 12 SMA umur 18

    BalasHapus
  27. Selamat sore... semuanya
    Perkenalkan nama saya : sukurman Zebua
    Tinggal di kota Medan
    Asal lahir di Riau
    Dengan hormat kepada bapak atau rekan setimnya
    Pak masih ada loker syuting saya ingin mendaftar Jadi artis sinetron untuk bakat dan telenta saya bisa untuk tes pemeren apa saja..

    BalasHapus
  28. Nomor WhatsApp saya
    +622127935599

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Night Bus: Malam jahanam sepanjang jalan

Perjalanan menuju kota Sampar malam itu berubah mencekam. Bus yang dikemudikan Amang dipaksa berhenti di setiap pos pemeriksaan di jalur konflik bersenjata. Beberapa penumpang tewas termasuk sang sopir, saat bus dikepung separatis Samerka (Sampar Merdeka). Bagudung, sang kernet berhasil membawa lari bus dari kepungan saparatis yang keji diketuai Jenderal Basir. Tak satupun penumpang mengira akan menghadapi kekacauan tersebut. Bus malam berisi setengah dari kapasitas kursi. Ada Yuda seorang wartawan (diperankan Edward Akbar), Umar orang kaya di kampung (Torro Margens), pengamen tunanetra (PM Toh), anggota LSM, seorang penyusup misterius, nenek Nur dan Leyla cucunya, gadis Annisa dan pemuda pacarnya, serta seorang perempuan yang kemudian diketahui sebagai korban konflik; ayahnya dibunuh dan dia sendiri diperkosa secara massal.     Film Night Bus dikupas bergaya thrailler yang menegangkan oleh sutradara Emil Heradi. Suguhan cerita, terutama faktor sulitnya syuting di ruanga

Murka tetua adat Kampung Melo, Manggarai-NTT

Rumah adat Melo milik tetua adat, Yosep Manggarai Barat di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki pesona wisata yang terkenal hingga manca negara yaitu Pulau Komodo (Taman Nasional Komodo) dan Labuan Bajo, surga bagi penikmat wisata alam bawah laut. Selain kedua nama populer tersebut, ada kawasan yang tidak kalah memikat yaitu Kampung Adat Melo berjarak sekitar 40 km dari Labuan Bajo. Letak geografis Kampung Adat Melo berada di pegunungan dengan suhu udara antara 10 sampai 20 derajat. Kondisi ini lebih sejuk daripada suhu di NTT pada umumnya berkisar 33 hingga 34 derajat. Yosep menjaga adat hingga nanti Banyak hal menarik dari Kampung Adat Melo selain bangunan rumah panggung yang dihuni warganya. Di saat tertentu, tujuan wisata yang telah ditetapkan sebagai "Kampung Adat" ini menampilkan atraksi budaya, kerajinan tradisional tenun kain sarung, peci, tas serta makanan khas Manggarai.  Kampung Adat Melo berada persis di Desa Liang Ndara, K